Friday, December 18, 2009

Mengaktifkan-Mematikan Smad-Lock Flash Disk

Smad-lock adalah fasilitas yang dibuat oleh Smadav Antivirus untuk mengunci/memproteksi flash disk dengan membuat folder Δ Smad-Lock Δ dan folder autorun.inf. Namun kadang kala kita memerlukan agar flash disk tidak langsung dikunci oleh Smad-lock. Karena saya punya pengalaman yaitu flash disk saya langsung terkunci dan tidak bisa digunakan lagi karena terkunci smad-lock. Sehingga flash disk tersebut hanya bisa membaca namun tidak bisa ditulisi.

Kemudian saya cari-cari bagaimana mengatur aktivitas smad-lock ini, sehingga tidak serta merta flash disk dikunci. Ternyata fasilitas sudah disediakan. Pertama jalankan program antivirus smadav (misal, double click icon di kanan bawah), kemudian kita bisa memilih Setting pada bagian Pengaturan Dasar silahkan centang diaktifkan atau tidak sesuai kebutuhan pengaturan Anda.



Beberapa teman saya masih lebih senang memilih tidak mengaktifkan smad-lock saat flash disk dicolok, dengan alasan agar tidak semua flash disk yang masuk tidak harus dikunci oleh smadav. Yang kemungkinan malah merusak file mereka (dari rekan kerja misalnya).

No comments: